MAKALAH UJIAN PRAKTEK PENELITIAN ILMIAH - BAHASA INDONESIA - TIK
PENUANG MINUMAN / CURAH OTOMATIS
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota Kelompok
1. Adam Dharma / XII-IPA 4 /1
2 Jessica Clarensia / XII-IPA 4 / 15
3. Nathania Ann / XII-IPA 4 / 21
SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
---------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Panjang bangunan: 40 cm
Alas Triplek 40x30 cm tebal 4 cm
Bahan dinding dan atap: Karton tebal 2mm
Lem merk G
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm dan 1000 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut
Timah ukuran 40x60
Sensor cahaya
Sensor jarak.
Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota kelompok dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowchart
program yang dilampirakan.
program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini
penulisan makalah Ujian Praktik ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
proyek penuang minuman / curah otomatis.
proyek penuang minuman / curah otomatis.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
Halaman Sampul ................................................................................................................... i
Kata Pengantar .................................................................................................................... ii
Daftar Isi ..................................................................................................................... iii
BAB 1: PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ....................................................................................................................1
1.2. Rumusan Masalah ...............................................................................................................1
1.3. Tujuan dan Manfaat .............................................................................................................1
1.4. Tujuan Penilitian ..................................................................................................................1
BAB 2: KAJIAN PUSTAKA
2.1. Kajian Pustaka......................................................................................................................2
2.2. Kerangka Konsep Berpikir...................................................................................................2
BAB 3: PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
3.1. Pemino..................................................................................................................................3
3.2. Alat dan Bahan.....................................................................................................................3
3.3. Blog Diagram Maket Proyek dan Gambar atau Foto Maket................................................3
3.4. Cara Kerja Proyek..................................................................................................................3
BAB 4: ANALISIS DATA PROYEK
4.1. Spesifikasi Produk................................................................................................................4
4.2. Kinerja Produk......................................................................................................................4
4.3. Flowchart Program...............................................................................................................4
4.4. Lampiran Program...............................................................................................................4
BAB 5: KESIMPULAN
5.1. Kesimpulan..........................................................................................................................5
5.2. Kesan dan Saran..................................................................................................................5
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di zaman yang semakin maju ini,
teknologi berkembang sangat pesat dan perkembangan itu seiring dengan semakin
kompleks nya kebutuhan dari manusia. Kompleksnya kebutuhan tersebut dapat
berkembang seiring dengan meningkatnya mobilitas dari manusia pada masa sekarang.
Semakin padatnya mobilitas maka semakin kompleks. Karena mobilitas yang semakin
tinggi maka manusia semakin memiliki waktu yang sedikit untuk melakukan hal-hal
kecil. Oleh karena itu kami datang membawa produk yang dapat membantu semua
orang agar lebih efisien ketika ingin meminum minuman mereka agar waktu yang
terpakai lebih efisien.
Dengan meningkatnya efisiensi
waktu, maka semua pihak dapat bekerja dengan lebih efisien dan lebih cepat.
Dengan semakin cepat sistem bekerja yang ada di masyarakat maka tingkat
produkivitas juga dapat semakin baik dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan
nya dengan semakin baik.
Untuk membantu meningkatkan
efisiensi waktu dari masyarakat, maka kami mencitptakan sebuah alat penuang
minuman otomatis yang dapat menuangkan minuman apa saja dengan mudah dan sangat
dapat diandalkan. Produk kami mengedepankan kemudahan penggunaan dan keakuratan
dalam penuangan minuman untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas para
pengguna. Produk kami bernama “PEMINO” (Penuang Minuman Otomatis) . Produk kami
ini sangat mudah digunakan, praktis, higienis, hemat daya, serta sangat ringkas
dalam penyajian nya sehingga sangat cocok untuk mengatasi masalah yang ada.
1.2. Rumusan Masalah
Rumusan
masalah secara umum adalah :
“Bagaimana
cara merancang sebuah alat untuk menuangkan minuman secara praktis?”
Rumusan
masalah secar umum tersebut, dapat diuraikan ke beberapa rumusan masalah khusus
:
Rumusan
masalah tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.
Bagaimana program komputer alat tersebut?
2.
Bagaimana mendesain kran penuang air otomatis?
3.
Bagaimana kinerja sistem yang dibuat?
1.3. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan : Membangun penuang air yang sederhana
tetapi efisien.
2. Manfaat : Penunag air ini dapat dimanfaatkan
sebagai contoh untuk
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan
secara umum perancangan tugas praktikum ini adalah membuat aplikasi
mikrokontroler untuk otomatisasi penuang air. Sedangkan tujuan perancangan
tugas praktikum ini secara khusus adalah sebagai berikut:
1.
Mendesain otomatisasi kran penuang air.
2.
Mendesain kran penuang air otomatis.
3.
Menganalisis kinerja sistem yang baru.
BAB 2
KAJIAN PUSTAKA
2.1. Kajian Pustaka
A.Kran Air / Penuang
air
Kran air memang
menjadi salah satu perangkat yang luput dari pengamatan. Keberadaannya yang
walaupun kecil justru memiliki fungsi dan peran yang sangat signifikan, yaitu
dalam hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan air. Kran berfungsi sebagai
katup akhir dalam proses pendistribusian air. Dalam sebuah rumah
atau hunian, fungsi kran air secara umum terbagi menjadi 3, yaitu kran untuk
dapur, kran di kamar mandi yang biasanya masih terbagi menjadi 2 lagi yaitu
untuk wastafel dan bathtub, serta kran air tambahan yang berada di luar atau
out door.
B. Arduino
Arduino adalah
pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan
dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik
dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki
bahasa pemrograman sendiri. (Wikipedia, 2015)
C. Mikrocontroller
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang
berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan
program di umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O
tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang
sudah terintegrasi di dalamnya. Kelebihan utama dari mikrokontroler ialah
tersedianya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler
menjadi sangat ringkas. (sites.google.com, 2012)
D. Sensor
Sensor adalah perangkat, modul, atau subsistem yang tujuannya adalah untuk
mendeteksi kejadian atau perubahan lingkungannya dan mengirimkan informasi ke
elektronika lainnya, seringkali merupakan prosesor komputer. Sebuah sensor
selalu digunakan dengan peralatan elektronik lainnya, apakah sesederhana cahaya
atau serumit komputer.
E. Resistor
Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk
menghambat atau membatasi aliran listrik yang mengalir dalam suatu rangkain
elektronika. Sebagaimana fungsi resistor yang sesuai namanya bersifat resistif
dan termasuk salah satu komponen elektronika dalam kategori komponen pasif.
Satuan atau nilai resistansi suatu resistor di sebut Ohm dan dilambangkan dengan
simbol Omega (Ī©). (zonaelektro.com)
F. Lampu LED
Lampu LED adalah produk diode
pancaran cahaya (LED)
yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED memiliki usia pakai
dan efisiensi listrik beberapa
kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih
efisien daripada lampu neon, beberapa chip bahkan dapat
menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt. Pasar lampu LED diperkirakan akan
meningkat hingga 12 kali lipat dalam satu dekade ke depan, dari US$2 milyar
diawal tahun 2014 menjadi US$25 milyar pada tahun 2023. Lampu LED hanya
butuh energi sebesar 10% dari energi yang dibutuhkan lampu pijar.
2.2. Kerangka Konsep
Berpikir
BAB 3
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
3.1 Pemino
Pemino
(Penuang Minuman Otomatis) akan dibuat menggunakan kertas karton yang cukup
tebal. Alat ini terbagi atas 4 bagian, yaitu bagian depan, tengah, belakang,
dan bagian bawah. Bagian depan merupakan tempat untuk meletakkan minuman dan
tempat kran berada. Pada bagian tengah, terdapat semua komponen-komponen
arduino beserta rancangan listriknya. Bagian belakang merupakan tempat botol
dan selang yang berisi minuman itu sendiri. Bagian bawah, terdapat sensor
cahaya yang terhubung ke bagian tengah karton atau tempat rancangan inti
arduino. Pada bagian bawah, kami meletakkan nampan plastic untuk menampung air
yang tumpah saat minuman dituangkan.
3.2. Alat dan Bahan
1. Mekanik
Proyek
a. Karton
tebal
b. Lem
tembak, Lem G, isolasi
c. Kran
kecil
d. Selang
kecil
e. Botol
tempat minuman
f. Spidol
g. Nampan
Plastik
2. Elektronika
a. Mikrokontroller
Arduino
b. LED
dan resistor
c. Sensor
cahaya, sensor jarak
d. Kabel
e. Timah
dan solder
3.3.
Blog Diagram Maket Proyek dan Gambar atau Foto Maket
3.4.
Cara Kerja Proyek.
Botol
minuman yang diletakkan dibelakang, sudah dipasang selang yang tersambung
dengan kran mesin pemino. Kedudukan selang yang tersambung dengan kran lebih
rendah daripada selang yang ada di botol, karena cairan akan mengalir dari
tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Saat gelas sudah diletakkan, sensor
cahaya akan tertutup oleh gelas dan ia akan membaca bahwa terjadi pengurangan
intensitas cahaya. Saat intensitas cahaya berkurang, motoservo akan memutar
kran sehingga minuman dapat dituangkan ke gelas. Setelah itu, sensor jarak akan
membaca sudah seberapa tinggi air yang dituang. Saat air sudah dianggap berada
dalam kedudukan yang maksimal, maka motoservo akan memutar lagi untuk menutup
kran, agar minuman yang dituang tidak berlebihan ataupun tumpah.
BAB 4
ANALISIS DATA PROYEK
4.1. Spesifikasi Produk.
Spesifikasi
produk “PEMINO” dirancang dengan ukuran :
Panjang bangunan: 40 cm
Lebar bangunan: 30 cm
Tinggi bangunan: 50 cm
Tinggi bangunan: 50 cm
Spesifikasi Bahan :
Alas Triplek 40x30 cm tebal 4 cm
Bahan dinding dan atap: Karton tebal 2mm
Lem merk G
Keran air
Selang air 30 cm diameter 5mm
Spesifikasi Alat Listrik :
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm dan 1000 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut
Timah ukuran 40x60
Sensor cahaya
Sensor jarak.
4.2. Kinerja Proyek.
Kelebihan :
Dari proyek yang kami kerjakan, kami
memiliki beberapa kelebihan. Yang pertama, proyek kami bekerja dengan otomatis
menggunakan sensor-sensor otomatis. Pengguna tinggal meletakkan tempat minum di
tempat yang disedikan di model maket kami, lalu produk akan secara otomatis
bekerja dengan sendirinya tanpa perlu tenaga oleh manusia. Selain itu produk
bisa dibuat dengan mudah di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di
dapatkan di masyarakat.
Kelemahan :
Dari kelebihan tadi, proyek kami masih
memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki dan diatasi untuk
meningkatkan kualitas produk dan agar dapat digunakan secara massal. Kekurangan
tersebut adalah model produk yang masih berupa prototype dan masih mengguanakan
bahan-bahan yang sederhana dan perlu dilakukan pembaruan sebelum diterjunkan di
masyarakat.
4.3. Flowchart
Program.
4.4. Lampiran
Program.
#include
<Servo.h>
Servo myservo;
#define terima 2
#define pancar 3
int ldr;
int jarak;
void setup() {
Serial.begin (9600);
pinMode (terima, INPUT);
pinMode (pancar, OUTPUT);
// bukakeran();
// tutupkeran();
pinMode(6,OUTPUT);
pinMode(7,OUTPUT);
pinMode(8,OUTPUT);
myservo.attach(8);
}
void bukakeran()
{
myservo.write(85);
delay(10);
}
void
tutupkeran() {
myservo.write(5);
delay(10);
}
void loop() {
//membaca kondisi LDR untuk membuka keran
int ldr=analogRead(A0);
Serial.print (" nilai LDR = ");
Serial.print (ldr);
if (ldr > 500){
bukakeran();
digitalWrite(7,HIGH);
digitalWrite(6,LOW);
}
// membaca ketinggian air di gelas unuk
menutup keran
digitalWrite (pancar, LOW);
delayMicroseconds (2);
digitalWrite (pancar, HIGH);
delayMicroseconds (10);
digitalWrite (pancar, LOW);
int jarak =pulseIn (terima, HIGH);
jarak=jarak/58;
Serial.print (" Jarak = ");
Serial.print (jarak);
Serial.println(" cm ");
delay(5);
if (jarak <=15){
digitalWrite(6,HIGH);
digitalWrite(7,LOW);
tutupkeran();
delay(5);
}
}
BAB 5
KESIMPULAN
5.1. Kesimpulan
Berdasarkan uraian bab 1 sampai bab 4 dapat diberikan kesimpulan bahwa "PEMINO" Penuang Minuman Otomatis dapat mengatasi sebagian besar masalah masyarakat terutama peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektivitas kinerja. Terutama mengatasi keterlambatan dalam beraktivitas, meningkatkan efiensi waktu, serta penghematan penggunaan energi listrik. Di masa mendatang, produk kami ini akan dikembangkan menggunakan bahan yang berkualitas lebih baik sehingga dapat digunakan di masyarakat.
5.2. Kesan dan Saran.
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan karakter sesama.
Saran
Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan serta juga dapat meningkatkan ketrampilan diluar teori dari pelajar.
DAFTAR PUSTAKA
perangkat.indo, diakses sabtu 2-12-2017
Wikipedia, 2015, diakses sabtu 2-12-2017
zonaelektro.com, diakses sabtu 2-12-2017
Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT
Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.
Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa Maria Surabaya,
MGMP Kota Surabaya
Komentar
Posting Komentar