MAKALAH UJIAN PRAKTEK PENELITIAN ILMIAH - BAHASA INDONESIA - TIK

PENUANG MINUMAN / CURAH OTOMATIS


Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik 

mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI





                               Anggota Kelompok
                                                                   1. Adam Dharma / XII-IPA 4 /1
                                                                   2  Jessica Clarensia / XII-IPA 4 / 15
                                                                   3. Nathania Ann / XII-IPA 4 / 21



SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017

---------------------------------------------------------------------------------


KATA PENGANTAR

        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota kelompok dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowchart    
    program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,SS.,M.Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek penuang minuman / curah otomatis.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.


DAFTAR ISI

Halaman Sampul ...................................................................................................................   i
Kata Pengantar    ....................................................................................................................  ii
Daftar Isi             .....................................................................................................................  iii
BAB 1: PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang  ....................................................................................................................1
1.2. Rumusan Masalah ...............................................................................................................1
1.3. Tujuan dan Manfaat .............................................................................................................1
1.4. Tujuan Penilitian ..................................................................................................................1
BAB 2: KAJIAN PUSTAKA
2.1. Kajian Pustaka......................................................................................................................2
2.2. Kerangka Konsep Berpikir...................................................................................................2
BAB 3: PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
3.1. Pemino..................................................................................................................................3
3.2. Alat dan Bahan.....................................................................................................................3
3.3. Blog Diagram Maket Proyek dan Gambar atau Foto Maket................................................3
3.4. Cara Kerja Proyek..................................................................................................................3
BAB 4: ANALISIS DATA PROYEK
4.1. Spesifikasi Produk................................................................................................................4
4.2. Kinerja Produk......................................................................................................................4
4.3. Flowchart Program...............................................................................................................4
4.4. Lampiran Program...............................................................................................................4
BAB 5: KESIMPULAN
5.1. Kesimpulan..........................................................................................................................5
5.2. Kesan dan Saran..................................................................................................................5


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di zaman yang semakin maju ini, teknologi berkembang sangat pesat dan perkembangan itu seiring dengan semakin kompleks nya kebutuhan dari manusia. Kompleksnya kebutuhan tersebut dapat berkembang seiring dengan meningkatnya mobilitas dari manusia pada masa sekarang. Semakin padatnya mobilitas maka semakin kompleks. Karena mobilitas yang semakin tinggi maka manusia semakin memiliki waktu yang sedikit untuk melakukan hal-hal kecil. Oleh karena itu kami datang membawa produk yang dapat membantu semua orang agar lebih efisien ketika ingin meminum minuman mereka agar waktu yang terpakai lebih efisien.

Dengan meningkatnya efisiensi waktu, maka semua pihak dapat bekerja dengan lebih efisien dan lebih cepat. Dengan semakin cepat sistem bekerja yang ada di masyarakat maka tingkat produkivitas juga dapat semakin baik dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan nya dengan semakin baik.

Untuk membantu meningkatkan efisiensi waktu dari masyarakat, maka kami mencitptakan sebuah alat penuang minuman otomatis yang dapat menuangkan minuman apa saja dengan mudah dan sangat dapat diandalkan. Produk kami mengedepankan kemudahan penggunaan dan keakuratan dalam penuangan minuman untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas para pengguna. Produk kami bernama “PEMINO” (Penuang Minuman Otomatis) . Produk kami ini sangat mudah digunakan, praktis, higienis, hemat daya, serta sangat ringkas dalam penyajian nya sehingga sangat cocok untuk mengatasi masalah yang ada.

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah :
“Bagaimana cara merancang sebuah alat untuk menuangkan minuman secara praktis?”
Rumusan masalah secar umum tersebut, dapat diuraikan ke beberapa rumusan masalah khusus :
Rumusan masalah tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Bagaimana program komputer alat tersebut?
2. Bagaimana mendesain kran penuang air otomatis?
3. Bagaimana kinerja sistem yang dibuat? 
1.3. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan : Membangun penuang air yang sederhana tetapi efisien.
2. Manfaat : Penunag air ini dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk
D. Tujuan Penelitian
Tujuan secara umum perancangan tugas praktikum ini adalah membuat aplikasi mikrokontroler untuk otomatisasi penuang air. Sedangkan tujuan perancangan tugas praktikum ini secara khusus adalah sebagai berikut:
1. Mendesain otomatisasi kran penuang air.
2. Mendesain kran penuang air otomatis.
3. Menganalisis kinerja sistem yang baru.

BAB 2
KAJIAN PUSTAKA

2.1. Kajian Pustaka
A.Kran Air / Penuang air
Kran air memang menjadi salah satu perangkat yang luput dari pengamatan. Keberadaannya yang walaupun kecil justru memiliki fungsi dan peran yang sangat signifikan, yaitu dalam hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan air. Kran berfungsi sebagai katup akhir dalam proses pendistribusian air. Dalam sebuah rumah atau hunian, fungsi kran air secara umum terbagi menjadi 3, yaitu kran untuk dapur, kran di kamar mandi yang biasanya masih terbagi menjadi 2 lagi yaitu untuk wastafel dan bathtub, serta kran air tambahan yang berada di luar atau out door.

B. Arduino
Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. (Wikipedia, 2015)

C. Mikrocontroller
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program di umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Kelebihan utama dari mikrokontroler ialah tersedianya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. (sites.google.com, 2012)


D. Sensor
Sensor adalah perangkat, modul, atau subsistem yang tujuannya adalah untuk mendeteksi kejadian atau perubahan lingkungannya dan mengirimkan informasi ke elektronika lainnya, seringkali merupakan prosesor komputer. Sebuah sensor selalu digunakan dengan peralatan elektronik lainnya, apakah sesederhana cahaya atau serumit komputer.

E. Resistor
Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat atau membatasi aliran listrik yang mengalir dalam suatu rangkain elektronika. Sebagaimana fungsi resistor yang sesuai namanya bersifat resistif dan termasuk salah satu komponen elektronika dalam kategori komponen pasif. Satuan atau nilai resistansi suatu resistor di sebut Ohm dan dilambangkan dengan simbol Omega (Ī©). (zonaelektro.com)


F. Lampu LED
Lampu LED adalah produk diode pancaran cahaya (LED) yang disusun menjadi sebuah lampu. Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon, beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt. Pasar lampu LED diperkirakan akan meningkat hingga 12 kali lipat dalam satu dekade ke depan, dari US$2 milyar diawal tahun 2014 menjadi US$25 milyar pada tahun 2023. Lampu LED hanya butuh energi sebesar 10% dari energi yang dibutuhkan lampu pijar.


2.2. Kerangka Konsep Berpikir 



BAB 3
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

3.1 Pemino
Pemino (Penuang Minuman Otomatis) akan dibuat menggunakan kertas karton yang cukup tebal. Alat ini terbagi atas 4 bagian, yaitu bagian depan, tengah, belakang, dan bagian bawah. Bagian depan merupakan tempat untuk meletakkan minuman dan tempat kran berada. Pada bagian tengah, terdapat semua komponen-komponen arduino beserta rancangan listriknya. Bagian belakang merupakan tempat botol dan selang yang berisi minuman itu sendiri. Bagian bawah, terdapat sensor cahaya yang terhubung ke bagian tengah karton atau tempat rancangan inti arduino. Pada bagian bawah, kami meletakkan nampan plastic untuk menampung air yang tumpah saat minuman dituangkan.
3.2. Alat dan Bahan
1.      Mekanik Proyek
a.       Karton tebal
b.      Lem tembak, Lem G, isolasi
c.       Kran kecil
d.      Selang kecil
e.       Botol tempat minuman
f.       Spidol
g.      Nampan Plastik
2.      Elektronika
a.       Mikrokontroller Arduino
b.      LED dan resistor
c.       Sensor cahaya, sensor jarak          
d.      Kabel
e.       Timah dan solder
3.3. Blog Diagram Maket Proyek dan Gambar atau Foto Maket


3.4. Cara Kerja Proyek.
Botol minuman yang diletakkan dibelakang, sudah dipasang selang yang tersambung dengan kran mesin pemino. Kedudukan selang yang tersambung dengan kran lebih rendah daripada selang yang ada di botol, karena cairan akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Saat gelas sudah diletakkan, sensor cahaya akan tertutup oleh gelas dan ia akan membaca bahwa terjadi pengurangan intensitas cahaya. Saat intensitas cahaya berkurang, motoservo akan memutar kran sehingga minuman dapat dituangkan ke gelas. Setelah itu, sensor jarak akan membaca sudah seberapa tinggi air yang dituang. Saat air sudah dianggap berada dalam kedudukan yang maksimal, maka motoservo akan memutar lagi untuk menutup kran, agar minuman yang dituang tidak berlebihan ataupun tumpah.

BAB 4
ANALISIS DATA PROYEK

4.1.  Spesifikasi Produk.

Spesifikasi produk “PEMINO” dirancang  dengan ukuran :

       Panjang bangunan: 40 cm
       Lebar bangunan: 30 cm
       Tinggi bangunan: 50 cm

Spesifikasi Bahan :

      Alas Triplek 40x30 cm tebal 4 cm
      Bahan dinding dan atap: Karton tebal 2mm
      Lem merk G
      Keran air
      Selang air 30 cm diameter 5mm

Spesifikasi Alat Listrik : 

      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm dan 1000 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut
      Timah ukuran 40x60
      Sensor cahaya
      Sensor jarak.

4.2. Kinerja Proyek.
Kelebihan : 
Dari proyek yang kami kerjakan, kami memiliki beberapa kelebihan. Yang pertama, proyek kami bekerja dengan otomatis menggunakan sensor-sensor otomatis. Pengguna tinggal meletakkan tempat minum di tempat yang disedikan di model maket kami, lalu produk akan secara otomatis bekerja dengan sendirinya tanpa perlu tenaga oleh manusia. Selain itu produk bisa dibuat dengan mudah di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapatkan di masyarakat.
Kelemahan : 
Dari kelebihan tadi, proyek kami masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki dan diatasi untuk meningkatkan kualitas produk dan agar dapat digunakan secara massal. Kekurangan tersebut adalah model produk yang masih berupa prototype dan masih mengguanakan bahan-bahan yang sederhana dan perlu dilakukan pembaruan sebelum diterjunkan di masyarakat.

4.3. Flowchart Program.



4.4. Lampiran Program.
#include <Servo.h>

Servo myservo;
#define terima 2
#define pancar 3
int ldr;
int jarak;
void setup() {
  Serial.begin (9600);
  pinMode (terima, INPUT); 
  pinMode (pancar, OUTPUT);
 // bukakeran();
 // tutupkeran();
  pinMode(6,OUTPUT);
  pinMode(7,OUTPUT);
  pinMode(8,OUTPUT);
   myservo.attach(8);

}
void bukakeran() {
    myservo.write(85);
     delay(10);            
  }

void tutupkeran() {
   myservo.write(5);             
    delay(10);                      
  }


void loop() {
 //membaca kondisi LDR untuk membuka keran
  int ldr=analogRead(A0);
  Serial.print (" nilai LDR = ");
  Serial.print (ldr);
  if (ldr > 500){
    bukakeran();
    digitalWrite(7,HIGH);
    digitalWrite(6,LOW);
    }
   // membaca ketinggian air di gelas unuk menutup keran
    digitalWrite (pancar, LOW);
    delayMicroseconds (2);
    digitalWrite (pancar, HIGH);
    delayMicroseconds (10);
    digitalWrite (pancar, LOW);
    int jarak =pulseIn (terima, HIGH);
    jarak=jarak/58;
     Serial.print ("   Jarak = ");
     Serial.print (jarak);
     Serial.println(" cm ");
     delay(5);
     if (jarak <=15){
     digitalWrite(6,HIGH);
     digitalWrite(7,LOW);
     tutupkeran();
     delay(5);
     }
 }


BAB 5
KESIMPULAN
 5.1. Kesimpulan
        Berdasarkan uraian bab 1 sampai bab 4 dapat diberikan kesimpulan bahwa "PEMINO" Penuang Minuman Otomatis  dapat mengatasi sebagian besar masalah masyarakat terutama peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektivitas kinerja. Terutama mengatasi keterlambatan dalam beraktivitas, meningkatkan efiensi waktu, serta penghematan penggunaan  energi listrik. Di masa mendatang, produk kami ini akan dikembangkan menggunakan bahan yang berkualitas lebih baik sehingga dapat digunakan di masyarakat.

5.2. Kesan dan Saran.

 Kesan
             Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga satu sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan keunikan serta kebinekaaan karakter sesama.

Saran
            Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan  seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan serta juga dapat meningkatkan ketrampilan diluar teori dari pelajar.



DAFTAR PUSTAKA


perangkat.indo, diakses sabtu 2-12-2017
 Wikipedia, 2015, diakses sabtu 2-12-2017
zonaelektro.com, diakses sabtu 2-12-2017
Nuh.M. 2000. Komponen Elektronika Aktif Pasif untuk Rangkaian Elektronika Sederhana, PT 
                       Gramedia, Halaman 5 sd 12. Surabaya.

Samudra, 2016. Mikrokontroller Atmega823, Materi TIK Kelas 12 SMA Santa Maria Surabaya,
                    MGMP Kota Surabaya

Komentar